Jumat, 03 Juni 2011

Tanggung Jawab, Hal yang Sangat Terikat di Dunia Ini

         Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki pikiran yang sangat cerdas. Setiap perbuatan pastilah didasari atas pemikiran – pemikiran yang rasional. Kalau kita melakukan ini atau itu pasti akan ada pertanggung jawabannya. Entah positif atau negatif, tergantung dari perbuatan kita, antara postif atau negatif juga.
            Dalam hal ini, banyak hal yang harus dipertanggung jawabkan dan diabdikan, bisa terhadap Tuhan, orang tua, teman atau kerabat serta negara. Karena tanggung jawab adalah hal yang wajib untuk dikerjakan buat manusia.
            Tanggung jawab terhadap Tuhan sangat berat, karena di dunia ini hal yang paling mudah adalah meninggal kan kewajiban terhadap tuhannya, dan yang paling dekat adalah kematian. Tetapi mungkin Tuhan masih sangat lah sayang terhadap kita semua, karena masih bisa melakukan hal-hal yang baik lebih banyak lagi, agar kita semua masuk Surga.
            Tanggung jawab terhadap orang tua pun sama beratnya dengan Tuhan, karena ridho nya orang tua adalah ridho nya Tuhan juga. Termasuk ibu, karena ibu adalah orang yang paling berjasa atas hidup kita di dunia ini. Oleh karena itu, kita sebagai anak, harus mengabdi kepada orang tua kita. Jika kita hidup sukses di dunia ini, marilah kita berbagi dengannya.
            Tanggung jawab pun bisa terhadap orang lain, karena kita di dunia tidak lah sendiri, dan kita memecahkan masalah tidak lah sendiri. Mungkin ada beberapa masalah yang tidak bisa dihadapi sendiri, dan butuh orang lain disisi kita untuk menyelesaikannya. Jadi, setelah masalah itu dapat selesai atas bantuan seseorang, hendaklah kita melakukan hal yang sama atas terciptanya simbiosis mutualisme.
            Pentingnya rasa tanggung jawab karena kita adalah makhluk dengan rasa solidaritas tinggi, jangan biarkan kita menjadi orang yang individualis. Jika kerabat kita baik terhadap kita, maka balas lah kebaikan itu, niscaya kita pun akan mendapat kebaikan juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar