Selasa, 03 April 2012

E-Business

E-Business adalah kependekan dari electronic business istilah awam atau sederhananya adalah suatu bisnis yang menggunakan media elektronik sebagai perantaranya. E-Business ini biasanya digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar yang cenderung lebih efisien dan fleksibel dalam sistem pemrosesan data, baik internal maupun eksternal.

E-Business juga dipakai untuk berinteraksi langsung dengan suplier dan rekan bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan memungkinkan melayani kepuasan customer dengan sangat baik.

E–Business merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.

Keuntungan atau manfaat dari menggunakan e-business adalah pendekatan antar perusahaan yang aman, fleksibel dan terintegrasi dengan baik, dapat memberikan nilai bisnis yang berbeda, lebih efisien, serta meningkatkan produktivitas .

Pelaku dari e-business bukan hanya perusahaan – perusahaan besar saja, ada organisasi, konsumen, suplier, pekerja, serta rekan bisnis.

Manfaat untuk organisasi
yaitu, memperluas pasar, menekan biaya kertas, terwujud spesialis bisnis, meneka biaya telekomunikasi, menekan waktu pembayaran dan penerimaan produk, serta dapat menerapkan costumisasi produk dan jasa.

Manfaat untuk konsumen yaitu, kesempatan transaksi lebih luas tanpa batasan waktu, memberikan pilihan produk dan pemasok lebih banyak, memungkinkan memperoleh produk yang lebih murah, pengiriman lebih cepat, memperoleh informasi produk lebih cepat, memperoleh kesempatan lelang, dan memungkinkan pelanggan dapat berinteraksi.

Manfaat untuk masyarakat luas yaitu, memungkinkan berbisnis dalam rumah, beberapa barang bisa dijual lebih murah, dan penyampaian jasa publik dapat dinikmati masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar