Selasa, 03 April 2012

E-Learning

Perkembangan teknologi baik di Indonesia atau pun di luar negeri sangat lah pesat, apalagi di negara – negara maju seperti China dan Amerika. Tentu saja hal ini pun medapat respon positif dari masyarakatnya.

Saya akan coba membahas sedikit tentang teknologi yang berkembang saat ini pada bidang pendidikan, yaitu e-learning.

E-learning merupakan kependekan dari electronic learning, yaitu cara baru dalam proses belajar maupun belajar yang menggunakan media elektronik khususnya penggunaan internet sebagai sistem dari pembelajarannya.

Menurut Rosenberg, menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Sistem Pembelajaran Jarak Jauh, jika sistem pembelajaran tradision yaitu lebih menekankan pada pertemuan antara pengajar dan pelajar untuk melakukan proses belajar mengajar. Namun seiring jalannya waktu, metode ini kian mendapat banyak masalah, seperti keterbatasan tempat, lokasi dan penyelenggaran proses belajar mengajarnya, serta meningkatnya aktfitas dari pelajar maupun pengajar. Seiring perkembangan ilmu dan teknologi, metode terhadap proses pembelajaran mulai di gandrungi oleh sebuah organisasi, dimana yang bersifat kontekstual dan tidak terbatas oleh golongan tertentu. Sistem ini memberikan kesempatan yang sangat baik dalam belajar karena tidak terbatasnya waktu, ruang, serta tempat. Para pelajar tidak perlu repot untuk datang ke suatu lokasi belajar serta tidak perlu melihat aktifitas pengajar dalam memberikan materi, cukup belajar dan memahami suatu materi di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar