Jumat, 27 Mei 2011

Manusia dan Kasih Sayang

              Rasa sayang adalah rasa yang paling mendasar dari setiap manusia. Setiap orang berhak saling sayang – menyayangi agar tercipta suatu kehidupan yang harmonis dan saling pengertian satu sama lain. Sejak kecil pastilah kita dapat kasih dan sayang itu, orang tua adalah salah satunya yang paling berperan menumbuhkan rasa itu. Sejatinya manusia diciptakan untuk saling memenuhi antarsesama manusia, agar nantinya memiliki jiwa yang peka terhadap lingkungan sekitar. Sejauh ini banyak keluarga yang memandang bahwa uang adalah hal terpenting dalam kehidupan, itu adalah salah, karena sesungguhnya rasa kasih sayanglah yang akan merubah setiap sikap individu.
          Bagi orang tua, hal yang paling utama dihindari adalah kurangnya rasa kasih sayang terhadap anak. Ini akan menjadikan pribadi anak menjadi pribadi yang kurang peduli dengan sesama manusia. Tentunya hal ini yang harus dihindari, dimana seharusnya setiap manusia mampu saling membantu, baik materi maupun nonmateri sesuai kebutuhan. Banyak remaja – remaja masa kini yang tidak betah dirumah, dikarenakan tidak adanya rasa antara orang tua dan anak.
          Rasa kasih sayang pun menjadi sesuatu yang lumrah didapat bagi setiap manusia karena sifat dasar manusia itu sendiri. Rasa kasih sayang dapat mengubah individu menjadi lebih baik, baik terhadap sahabat atau orang yang dicintai. Saling mencintai adalah sesuatu hal yang sangat indah, karena mungkin ada sebagian orang yang kurang beruntung karena tidak mendapatkan cinta atau kasih sayang, baik dari orang tua, kekasih, atau sahabat.
          Namun, kasih sayang terhadap orang yang kita cintai justru menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan. Karena banyak anak – anak yang tidak berdosa lahir di luar keiinginan orang tuanya. Ini dikarenakan rasa cinta, kasih, dan sayang yang disalahgunakan oleh manusia jaman sekarang. Hanya memikirkan kepuasan dan nafsu mereka, tidak berfikir secara logis.
          Oleh karena hal – hal yang tidak diinginkan tersebut, ada baiknya, kita mengingat yang Maha Kuasa, agar rasa sayang antarsesama manusia dapat terjalin dengan baik dan tidak menyimpang ke hal – hal yang tidak diinginkan. Karena rasa kasing sayang sesama manusia dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar