Jumat, 27 Mei 2011

Manusia dan Penderitaan


       Memang hidup ini penuh dengan pengorbanan dan penderitaan. Hidup memang sangat keras apabila kita tidak dapat memenej diri kita sendiri. Penderitaan dapat dirasakan setiap manusia. Mendengar kata itu pun rasanya ingin menghapusnya dari takdir kehidupan kita. Setiap manusia tidak ada yang ingin hidup menderita. Manusia akan hidup menderita jika tidak memaksimalkan keadaan yang kita miliki.
        Hidup miskin bisa dikatakan penderitaan yang banyak ditemukan di Indonesia dikarenakan banyak dari saudara – saudara kita di Indonesia tidak bisa memanfaatkan apa yang mereka miliki , dan hanya memikirkan hal – hal kesengan. Ada pepatah berkata “Berakit – rakit kita ke hulu berenang – renang ketepian, bersakit – sakit dahulu bersenang – senang kemudian”, nah hal itulah yang tidak mereka inginkan yaitu bersakit – sakit.
        Tuhan pun tidak ingin kita selalu sakit akan usaha kita, Tuhan akan selalu sayang sama umatnya, dengan catatan apabila umatnya senantiasa berusaha dan berdoa. Jika berusaha sekuat tenaga dan berdoa selalu, senantiasa Tuhan akan mengabulkannya, karena hidup di dunia ini tidak ada yang percuma apabila dilakukan dengan keyakinan yang ada pada diri kita. Sebaliknya kita akan menderita bila kita tidak mampu memanfaatkan keadaan yang kita miliki.
        Penderitaan sekarang ini memang kemiskinan, banyak kita temukan sekarang saudara – saudara kita di Indonesia menjadi stress akibat mahalnya kebutuhan sehari – hari. Mereka mungkin merasa menyesal karena tidak bisa memanfaatkan keadaan yang dulu mereka punya. Banyak orang kaya di Indonesia, dan tidak sedikit dari orang – orang itu malas bersekolah. Hal inilah yang lantas menjadikan mereka menderita suatu saat. Dan hal tersebut harus lah dihindari.
        Oleh karena itu, buanglah sifat malas dan sifat tidak ingin berusaha, karena hal tersebut dapat menyebabkan penderitaan bagi diri sendiri suatu saat kelak. Percayalah bahwa kita mampu untuk menjadi pribadi yang sukses karena Tuhan kita ada di sisi kita untuk menjauhi segala hal yang menyiksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar