Rabu, 17 Oktober 2012

Menulis Dengan Praktis

Menyusun tugas penulisan seperti paper, tugas akhir, skripsi, atau bahkan sekadar ketak – ketik dan barbagai catatan, tidak harus menggunakan Microsoft Word kok, Anda bisa menggunakan program free bernama Papel. Mudah digunakan dan bisa dibilang praktis.
Langkah 1.
Buka link www.beingarthurdent.co.uk. Setelah melewati lima halaman pembuka, Anda bisa mengambil file Papel_Setup.EXE yang berukuran sekitar 1,6 MB. Lalu jalankan untuk menginstal program Papel, dan ikuti tahapannya.
Langkah 2.
Pada akhir proses instalasi, program bisa langsung digunakan. Sebelum memulai menulis dan mengedit, simpan dan namai project tulisan terlebih dahulu, klik Tools – Options, lalu pilih beberapa pengaturan di tab Application – Project dan Editor, klik OK.
Langkah 3.
Setelah itu, klik menu File – Save As. Siapkan satu folder kosong baru, jika belum bisa klik tombol Create New Folder. Namai dokumen, dan secara otomatis nama tersebut akan diikuti ekstensi .papel. Anda pun sudah bisa menulis yang diinginkan di project Anda.
Langkah 4.
Pada jendela utama, klik-kanan pada area tulis, lalu pilih New Papel. Kotak kecil akan muncul, disini Anda bisa menamai, menentukan tipe, dan memberi penjelasan singkat mengenai tulisan. Setelah selesai, klik OK. Sebuah ikon akan muncul di jendela Project sesuai nama dan tipenya.
Langkah 5.
Untuk menulis/mengedit naskah, dobel-klik ikon tersebut. Silahkan Anda menulis sesuai yang Anda inginkan. Tekan CTRL + S dari keyboard untuk menyipan teks. Jika pada Tittle Bar muncul tanda bintang (*), artinya dokumen belum disimpan.
Langkah 6.
Agar lebih praktis, anda juga menerapkan cara drag-and-drop file teks yang berformat TXT (yang Anda simpan sebelumnya pada Windows Explorer) ke jendela edit ini. Atau ada cara lain, klik File – Import Text. Anda juga tak perlu khawatir teks akan tertimpa, karena Papel akan mengingatkan Anda.
Langkah 7.
Anda juga bisa membuat beberapa naskah dalam satu project, agar masing – masing bisa saling berkaitan (link), pilih salah satu ikon naskah lain sembari menekan tombol shift dari keyboard. Untuk menghapus link bisa dengan cara mengulang hal tersebut.
Langkah 8.
Program ini juga mengenal proses compiling juga. Anda dapat menggabungkan sejumlah naskah ke satu file. Buka jendela Papel Compilation dengan klik Tools – Compile atau tombol F8. Klik-kanan ikon naskah tersebut, lalu Add to Compilation. Centang Papel Descriptions, Contents, atau keduanya, lalu klik Create. Tutup dengan Close.
Langkah 9.
File kompilasi tersimpan di subfolder text files. Untuk mengaksesnya, klik File – Explore – Project. Windows Explorer akan memunculkan folder tersebut, dan Anda bisa melihat hasil kerja Anda berekstensi TXT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar