Senin, 22 Oktober 2012

Perbedaan Desain Grafis Secara Umum

Sebelum membedah perbedaan desain grafis, ada baiknya kita mengerti apa itu desain grafis.
Apa itu desain pemodelan grafis ?
Desain memiliki arti proses untuk membuat dan menciptakan objek baru, pemodelan berarti membentuk suatu benda atau objek bisa saja benda atau objek tersebut terlihat hidup, sedangkan grafis dalam bidang komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan, dan manipulasi model dan citra.
Jadi desain pemodelan grafis adalah suatu proses membentuk, membuat, menyimpan, dan memanipulasi suatu benda atau objek dengan bantuan prangkat lunak sebuah komputer.
Desain grafis secara luas dapat diaplikasikan ke banyak media,  seperti media cetak, media digital, film, animasi, desain produk, dan tanda – tanda informasi.
Desain pemodela grafis berkembang sangat pesat dimana sejak ditemukannya tulisan dan mesin cetak.
Anda sudah mengerti sekarang apa yang dimaksud desain pemodelan grafis, berarti kita bisa luaskan lagi dari desain pemodelan grafis, dimana terdapat perbedaan desain pemodelan grafis secara umum, yaitu desain pemodelan grafis berbasis vektor dan berbasik bitmap.
Apa itu desain pemodelan grafis berbasis vektor ?
Dengan berbasis vektor, desain grafis ini berbasis besaran dan arah, atau magnitude dan direction.
•    Kurang dapat menampilkan gambar/gradasi secara realistis atau natural.
•    Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil tanpa mengubah kualitasnya.
•    Tersusun oleh garis dan kurva.
•    Ukuran file yang dihasilkan kecil.
•    Kualitas grafik tidak tergantung dari banyaknya pixel.
•    Mempunyai warna – warna yang solid, cocok untuk logo dan kartun.
Apa itu desain pemodelan grafis berbasis bitmap ?
Dengan berbasis bitmap, yaitu desain grafis yang memiliki berjuta – juta titik atau pixel. Gambar bitmap merupakan duplikat atau tiruan  persis dari gambar asli dalam bentuk gambar digital.
•    Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
•    Gambar kurang jelas jika di perbesar (menjadi pecah).
•    Terdiri atas titik / dot.
•    Ukuran file yang dihasilkan besar.
•    Kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel.

Sumber: http://tikblogku.blogspot.com/2010/09/pengertian-grafis-berbasis-vector-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar