Senin, 01 Oktober 2012

Tips Agar Prosesor Tak Cepat Panas

Apa yg terdapat dalam benak kita ketika prosesor komputer kita cepat sekali panas ? Tetapi jangan asal menebak ya, mungkin anda bisa melakukan cek pada lapisan Thermal Paste (lapisan yang seperti pasta gigi berwarna putih, diatas prosesor). Thermal Paste juga yang memastikan proses pendinginan yang dikerjakan oleh Heatsink sampai ke seluruh permukaan prosesor dengan sempurna. Jika prosesor anda cepat panas, anda harus mengecek apakah lapisan Thermal Paste ini masih ada diatas prosesor. Jika tidak ada lagi, saya ada alternatif untuk menanganinya.

Langkah 1.

Untuk mengecek lapisan Thermal Paste di prosesor, pastilah komputer harus dalam keadaan mati. Kemudian cabut semua kabel yg menancap pada CPU, lalu buka casing CPU.

Langkah 2.

Cabut kabel Power kipas prosesor, lalu cabut Heatsink dengan menggeser pengait (biasanya berwarna putih) kearah yang berlawanan.

Langkah 3.

Lepas Heatsink dengan melepaskan keempat pengaitnya, dapat didorong secara perlahan dengan tangan, atau dapat dengan bantuan obeng dengan hati-hati.

Langkah 4.

Jika diatas prosesor dan dibawah Heatsink masih terdapat lapisan Heatsink, ratakan saja kembali lapisan tersebut ke permukaan prosesor.

Langkah 5.

Maka sebaliknya, jika sudah terlihat kering, bersihkan permukaan atas prosesor dan Heatsink dengan lap sampai bersih.

Langkah 6.

Oleskan dan ratakan Thermal Paste ke permukaan atas prosesor.

Langkah 7.

Ada solusi lain jika anda tidak memiliki Thermal Paste, anda dapat menggunakan oli motor biasa, dan cukup 2 tetes diatas permukaan prosesor.

Langkah 8.

Pastikan oli tidak berceceran keluar permukaan prosesor.

Langkah 9.

Pasang kembali Heatsink diatas prosesor. Kaitkan pengait di empat ujung Heatsink dengan sedikit menekannya. Kunci kipas prosesor dengan menekan dua pengait putih, lalu colok kabel powernya kembali.

Langkah 10.

Tutup Case CPU, lalu pantau suhu prosesor, dan pastinya suhu prosesor anda lebih rendah setelah dioleskan Thermal Paste/ Oli motor. Untuk memantau suhu prosesor, anda juga dapat menggunakan aplikasi pengukur suhu prosesor, seperti Everest Home Edition 2.20, atau anda dapat browsing mengenai aplikasi tersebut.


 

Sekarang anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu takut jika kinerja komputer anda melambat karena prosesor yang cepat panas.

Semoga tips saya dapat membantu sedikit solusi akan cepat panasnya prosesor komputer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar